Gubernur Jatim Usulkan Trayek Sumber Kencono Di Cabut


Surabaya – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendorong Direktorat Jenderal Perhubungan Darat segera mencabut izin trayek Bus Sumber Kencono (SK). “Kecelakaan yang melibatkan Bus Sumber Kencono kembali terjadi.

Kami akan mendorong Ditjen Perhubungan Darat agar segera mencabut izin trayeknya,” ujar Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Kamis. Ia menyatakan prihatin atas kecelakaan antara Bus Sumber Kencono dengan mobil sedan di Jembatan Glodog, Jalan Raya Magetan-Ngawi, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Kamis dini hari.

Dalam kejadian tersebut, dua orang tewas di lokasi. Satu dari penumpang mobil sedan dan seorang lainnya penumpang bus. Sedangkan penumpang bus lainnya mengalami luka-luka setelah bus terjatuh ke sungai. Soekarwo mengemukakan,

Pemprov Jatim telah mengirim surat untuk pencabutan trayek bus usai kecelakaan di Madiun pada awal Januari 2012. Dalam hal ini pihaknya tidak memiliki wewenang mencabut izin trayek karena otoritas dari Ditjen

Perhubungan Darat. “Sekarang ada kejadian lagi. Sehingga kami akan kembali mengirim surat sekaligus menanyakan bagaimana tindak lanjut dari surat sebelumnya,” kata pejabat yang akrab disapa Pakde tersebut. Pemprov, lanjut dia, juga menerima informasi dari Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur bahwa kecelakaan diduga disebabkan oleh pengemudi sedan, bukan dari Sumber Kencono.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf juga mengaku prihatin dan mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban kecelakaan. Gus Ipul, sapaan akrabnya, mendesak agar segera dilakukan audit total pada manajemen bus yang dilakukan oleh pihak independen.

“Berlakukan moratorium dan evaluasi menyeluruh sambil menunggu hasil audit. Tapi syaratnya jangan sampai ada pemecatan karyawan satu pun. Ini untuk kebaikan semua,” kata Gus Ipul.

“Kecelakaan memang sebuah musibah, tapi kalau terjadi beruntun dan melibatkan Sumber Kencono, ini yang menjadi sebuah pertanyaan.Kami usul segera lakukan evaluasi menyeluruh, mulai dari struktur hingga kesejahteraan sopir,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: