Disbudpar Bentuk Pokdarwis


Untuk meningkatkan dan mengembangkan destinasi pariwisata di Jatim, kali ini Disbudpar Jatim mensosialisaikan kembali pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kawasan desa wisata yang berada di 11 Kabupaten / Kota di bawah Bakorwil Madiun.

Dari ke sebelas Kabupaten / Kota dalam kelompok sadar wisata itu masing-masing Kota Madiun, Kabupaen Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trengggalek, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Pacitan.

Seperti yang diberitakan media resmi Provinsi Jatim, tujuan pembentukan Pokdarwis ini, ke depan diharapkan setiap Kabupaten / Kota harus bisa menunjukkan hasilnya dalam upaya meningkatkan harkat, martabat, dan kualitas hidup masyarakat melalui sektor pariwisata.

Dalam berita di jatimprov itu juga menerangkan, menurut Kepala Disbudpar Jatim, Dr.H.Jarianto,MSi, pembentukan Pokdarwis ini sangat penting, mengingat masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat serta belum optimalnya tingkat kepedulian stakeholder pariwisata dalam pengembangan destinasi di daerah.

“ltu bisa menjadi masalah yang harus diselesaikan dan menjadi tanggung jawab bersama, dan kini sudah dilakukan kegiatan dalam bentuk bimbingan masyarakat sadar wisata yang dilaksanakan di beberapa daerah secara bergiliran dan berkelanjutan,”terang Jarianto.

Masih menurutnya, dengan pembentukan Pokdarwis ini, sapta pesona menjadi unsur penting dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata. “Tentunya tidak dapat terwujud secara otomatis, tetapi harus ada upaya untuk merintis, menumbuh kembangkan, dan melaksanakan secara konsisten di destinasi pariwisata,” imbuhnya.

Jarianto juga mengungkapkan adanya permasalahan industri pariwisata di Jatim yang berkutat pada lemahnya infrastruktur, informais, dan promosi. Untuk mengatasi hal itu, maka diperlukan pengembangan industri pariwisata ke depan dengan pola multi sektor, multi dimensi, multi profesi, dan multi aspek.

“Karena beberapa hal tersebut, maka Pemprov Jatim beserta Pemkab/kota harus bersinergi dalam pengembangan destinasi wisata dan pemberdayaan masyarakat sekitar, sehingga saatnya nanti Jatim menjadi tujuan wisata yang menarik dan diminati,” jelentrehnya.

“Bagi daerah yang sudah terbentuk pokdarwis-nya agar tetap meningkatkan peranannya sebagai agen penggerak dalam mendukung terciptanya lingkungan dan suasana yang kondusif di daerahnya, serta bagi daerah yang belum, segera membentuk pokdarwis,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: