Phyton Raksasa Ditemukan Warga Di Air Terjun Pengantin


Ngawi – Keberadaan tempat wisata Air Terjun Pengantin nampaknya bakal menjadi perhatian khalayak ramai. Ratusan orang tiap harinya hilir mudik untuk melihat dari dekat setelah diketemukannya seekor ular Phyton yang tanpa sengaja diketahui warga setempat, Sabtu (4/2), sedang melingkar di semak-semak sekitar 1 km dari pusat sumber air terjun.

Ular yang juga dijuluki ular Sanca Bodo ini ditemukan Daryanto (50), seorang petani warga Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi yang saat itu sedang pergi mencari ranting pohon. Tanpa sengaja melihat ular yang juga disebut Asiatic Rock Python atau dengan nama latin Phyton Molurus.

“Saya melihat ular itu sedang melingkar di bawah pohon, saya takut terus berlari memanggil warga terdekat, kemudian bersama-sama kami tangkap dan dimasukkan dalam karung,” ungkap Daryanto pada liputanmadiun.wordpress.com.

Untuk sementara, binatang melata yang termasuk langka dan dilindungi undang-undang ini dipelihara Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tirta Hargo Kencona Desa Hargomulyo selaku pengelola Air Terjun Pengantin. Ular dengan panjang kurang lebih 4 m dan berat 15 kg ini menurut Fardan, Sekretaris KSM, saat dikonfirmasi via telpon menerangkan, pihaknya akan memberdayakan ular Phyton tangkapan warga ini sebagai pelengkap wisata.

Sementara itu menurut salah satu warga, kemungkinan besar masih ada satu lagi ular Phyton lainnya yang masih berkeliaran. “Ular yang berhasil ditangkap warga ini berjenis kelamin betina, jadi kemungkinan besar berpasangan dengan si jantan. Warga sekitar memberi julukan ular ini dengan sebutan ‘Nyi Loreng’,” tutur beberapa warga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: