Nikmatnya Botok Tawon Caruban


KABUPATEN MADIUN – Caruban adalah bakal kota baru di Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, yang jadi jalur perlintasan utama sisi selatan Jawa Timur. Di tempat ini, tersimpan kuliner yang sangat khas, yaitu botok tawon. Lauk dengan bahan utamanya parutan kelapa, ikan teri, tawon muda, plus petai cina alias mlandingan atau lamtoro sudah cukup populer di wilayah ini.

Botok tawon adalah makanan serupa pepes, tapi isinya anakan tawon beserta sarangnya. Biasanya sarang tawon yang berisi larva dan tawon muda dimasak dalam santan lalu dibumbui. Rasanya gurih dan kenyal. Di Caruban ada sebuah depot makanan siap saji yang menghadirkan menu botok tawon di belakang Pos Polisi Mejayan sebelah timur pasar Caruban.

Untuk mencari depot yang menyajikan botok itu tidaklah sulit. Lani Setiyani, pemilik depot botok tawon, sudah akrab dengan menu yang satu ini. Memasak botok tawon seperti halnya memasak botok umumnya. Hampir semua bumbu yang digunakan sama, seperti garam, kemiri, tomat, lombok, kelapa yang sudah diparut lembut, dan sedikit gula. Yang membedakan dengan botok lainnya hanyalah bahan utama, yaitu sarang tawon atau lebah madu.

Karena ada bahan itu, harga botok tawon sedikit mahal dibanding botok petai China misalnya. Sebab, untuk bisa mendapatkan sarang lebah madu, harus ada yang menyediakan bahan ini. Umumnya mengandalkan peternak yang membudidayakan sarang lebah madu atau petugas khusus yang berburu sarang lebah madu di hutan jati.

Menurut resep Lani, cara memasak botok tawon adalah, bumbu disiapkan, lalu dihaluskan. Setelah halus, dicampur irisan sarang tawon berbentuk kubus kecil. Adonan bumbu dan sarang tawon ini dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dimasak hingga matang.

Setelah matang, botok diangkat dan siap disantap. Sri Mulyani, koki yang mengolah botok tawon di kedai ini, menggeluti pekerjaannya tersebut selama 2 tahun. Jadi, ramuannya dijamin sip lantaran pengalaman.

Nah, bagi pencinta kuliner jalanan, jika kebetulan berkendara lewat Caruban, silakan mampir menikmati menu spesial botok tawon bersama keluarga. Harganya murah. Silahkan menikmati sembari mencicipi es kelapa muda.(pratondo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: