Kelinci-kelinci yang Mendatangkan Rezeki


KOTA MADIUN – Beternak Kelinci itu tidak susah. Makanannya dapat dicari di sekitar tempat tinggal kita. Kelinci juga bisa berkembang biak dengan cepat.  Kalau ditekuni, bisnis ternak kelinci ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Seperti kegiatan yang sedang ditelateni Joko Sulianto. Dia sukses bisnis kelinci, berangkat dari hobinya memelihara herbivora bertelinga panjang ini.

Sekarang, usaha yang dimulai Joko sejak tahun 2007 ini mulai menuai hasil. Pria kelahiran tahun 1965 itu mampu menjual  minimal 60 ekor anakan kelinci dari berbagai jenis setiap bulannya. Dengan harga antara Rp 25 ribu – 50 ribu, Joko mampu meraup untung  Rp 2- 3 juta tiap bulannya.

Bisanya Joko berjualan di depan Stadion Wilis Kota Madiun mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB. Di hari Minggu, dia jualan di Bundaran Serayu dari dari 06.00 WIB hingga 12.00 WIB.

”Yang penting telaten dan kita tekun menjalankan usaha dijamin pasti sukses. Kuncinya 3T; tekun, telaten, terampil, dan tetap kita serahkan kepada Tuhan, pasti akan ada jalan,” ujarnya.

Kelinci yang dijualnya beraneka jenis, mulai dari anggora, lop, flemish, satin, rex, polish, dan kelinci lokal. Yang dipasarkannya hanya usia dua-tiga bulan. Yang paling mahal jenis fuzzy lop. Harga jenis ini untuk usia tiga bulan bisa mencapai Rp 250 ribu. Untuk indukkan, Joko juga menyediakan tapi harus pesan dahulu.

Kelinci-kelincinya dikembangbiakkan di rumahnya, Jl Mawar, Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Dengan indukan lebih dari 40 ekor, Joko berhasil membiakan rata-rata 15 ekor per minggu. Namun, untuk memenuhi kebutuhan pasar di Madiun, Joko mengaku masih kurang. Ini karena penggemar kelinci di Madiun mulai banyak.

Dalam membeli kelinci, Joko memberi tips agar kita tidak kecewa. “Biasanya kelinci yang sehat memiliki sifat lincah dan aktif, gerakannya energik, dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Juga memiliki kepala sesuai ukuran badan. Kelinci yang sehat juga biasanya bermata bulat bercahaya, selaput matanya bersih, mempunyai pandangan yang cerah dan jernih.” (wiet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: