Memaksimalkan Kamera Ponsel untuk Fotografi


KOTA MADIUN – Kemampuan kamera telepon seluler (ponsel), baik dari sisi megapiksel, kualitas lensa, dan adanya flash, frekuensi terus meningkat. Jumlah penggunanya juga semakin banyak. Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera ini masih terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera, namun juga cara kita menggunakannya.

Ingin hasil jepretan kamera ponsel Anda optimal, ini ada 10 tips yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera ponsel, apapun merk ponsel anda? Inilah dia:

1. Pencahayaan yang Cukup.
Semakin baik pencahayaan, akan semakin baik pula hasil foto yang didapat. Hasil pemotretan di luar ruangan biasanya lebih baik daripada di dalam ruangan, karena cahaya lampu harus diseimbangkan dengan cahaya lain agar objek terlihat natural.

2. Atur Jarak Kamera dan Objek.
Kamera ponsel memiliki resolusi yang terbatas bila dibandingkan dengan kamera digital sehingga obyek yang difoto harus berjarak dekat agar objek tak terlihat kecil. Pengaturan jarak kamera dan objek dapat diatur dengan fitur zoom. Sebaliknya, foto dengan jarak yang terlalu dekat dengan objek menyebabkan distorsi dan foto yang tidak fokus.

3. Jaga Kestabilan Kamera.
Tidak hanya kamera ponsel, kamera apa pun juga akan menghasilkan foto yang baik dalam keadaan stabil. Semakin stabil kamera, semakin baik foto.

4. Jangan Gunakan Edit Foto di Ponsel.
Edit foto yang telah di ambil dengan komputer itu akan menghasilkan  kualitas gambar yang bagus.

5. Simpan Semua Hasil Jepretan Foto.
Jangan terburu-buru membuang foto yang terlihat jelek di ponsel, karena di foto tersebut bisa saja terlihat bagus saat ditampilkan di layar komputer dengan berbagai editan dari software tertentu.

6. Minimalkan Penggunaan Zoom Apabila Diperlukan.
Fitur zoom yang ada di ponsel boleh saja digunakan jika memang diperlukan, namun hasil foto akan lebih baik jika pengaturan jarak dilakukan manual bukan dengan zoom.

7. Cari Foto Dengan Angle Berbeda.
Foto-foto aneh seringkali dianggap unik. Ambil foto dengan angle yang tidak biasa, sehingga hasil foto pun menjadi luar biasa.

8. Atur Susunan Objek Foto. Keseimbangan dan keteraturan objek yang akan difoto akan menentukan bagus tidaknya hasil jepretan.

9. Jaga Kebersihan Lensa Kamera Simpan Ponsel di Tempat Aman.
Meskipun kamera ponsel tidak sesensitif kamera digital, kebersihannya tetap harus terjaga sehingga pemanfaatannya maksimal.

10. Pilih Resolusi Tertinggi.
Semakin tinggi resolusi kamera, akan semakin baik foto yang didapat, meskipun memori yang dibutuhkan akan semakin besar.

Selamat mencoba bereksplorasi dan nikmati hasil maksimalnya.(pratondo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: